Duta Besar ASEAN di El Colegio de Mexico

 

Duta Besar Indonesia sebagai Ketua ASEAN Committee in Mexico City (ACMC) membuka kegiatan kuliah umum mengenai ASEAN dengan tema “Why Should We Look at Southeast Asia” di El Colegio de Mexico (Colmex) (23/11). Kegiatan ini bekerja sama dengan Pusat Studi Asia dan Afrika – Colmex, dan diselenggarakan secara hybrid.

Selain Indonesia, para Duta Besar Perwakilan Negara ASEAN di Mexico yakni Filipina, Malaysia, Thailand, dan Vietnam menyampaikan perkembangan mengenai ASEAN di bidang politik keamanan, ekonomi dan sosial. Selain itu juga hadir para pembicara yakni Dosen dan mahasiswa dari Colmex dan Universitas Colima yang menyampaikan presentasi berbagai isu terkait Asia Tenggara dan konsep mengenai ASEAN dan Amerika Latin. Para pembicara sampaikan mengenai karakteristik kedua wilayah dan kemungkinan peningkatan kerja sama.

Dubes RI juga sampaikan bahwa saat ini Indonesia menjadi Ketua ASEAN hingga akhir tahun 2023 dengan tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”. Untuk itu Indonesia akan terus menjaga kawasan ASEAN yang stabil, mendorong Masyarakat ASEAN yang lebih sejahtera, memperkuat ASEAN dalam menghadapi tantantangan ke depan, serta meningkatkan ketangguhan kawasan. Hal ini tentunya dilakukan bekerja sama dengan mitra eksternal ASEAN, termasuk Meksiko.

Kegiatan ini diharapkan dapat dilaksanakan kembali secara regular untuk meningkatkan awareness masyarakat, khususnya para mahasiswa dan akademisi, mengenai potensi ASEAN.

Sumber: KBRI Mexico City

Related

BERITA INTERNATIONAL 146125238408668057

Posting Komentar

emo-but-icon

SELAMAT KEPADA CALON

SELAMAT KEPADA CALON

ANGGOTA BARU

item