Dihajar Rudal Balistik Houthi, Kapal Kargo Inggris Tenggelam dan Minyaknya Tumpah 29 Kilometer

Sebuah kapal kargo Inggris tenggelam setelah dihantam rudal balistik yang diluncurkan oleh kelompok Houthi di perairan dekat Yaman. Insiden ini menyebabkan tumpahan minyak yang mencemari lautan sejauh 29 kilometer dan menimbulkan kekhawatiran serius tentang dampak lingkungan di kawasan tersebut.

Kronologi Serangan

Serangan terjadi pada Selasa malam waktu setempat ketika kapal kargo tersebut sedang berlayar di Laut Merah. Menurut laporan awal, rudal balistik yang ditembakkan oleh kelompok Houthi berhasil menghantam bagian lambung kapal, menyebabkan kerusakan parah yang mengakibatkan kapal tersebut tenggelam dalam waktu singkat. Seluruh awak kapal berhasil dievakuasi oleh kapal penolong yang kebetulan berada di dekat lokasi kejadian.

Dampak Lingkungan

Insiden ini memicu tumpahan minyak besar-besaran yang mencemari perairan sejauh 29 kilometer. Tumpahan minyak tersebut mengancam ekosistem laut dan biota yang ada di kawasan tersebut, termasuk terumbu karang, ikan, dan satwa laut lainnya. Otoritas lingkungan setempat sedang bekerja keras untuk mengendalikan dan membersihkan tumpahan minyak guna meminimalkan dampak buruknya.

Reaksi Internasional

Tenggelamnya kapal kargo Inggris ini mendapat kecaman keras dari berbagai pihak internasional. Pemerintah Inggris mengecam serangan tersebut dan menyatakan akan mengambil langkah-langkah diplomatik untuk memastikan keamanan kapal-kapal yang berlayar di wilayah tersebut. Amerika Serikat dan Uni Eropa juga menyatakan keprihatinannya dan menyerukan agar semua pihak yang terlibat dalam konflik di Yaman segera menghentikan aksi kekerasan.

Upaya Penyelamatan dan Pembersihan

Tim penyelamat dan pembersih tumpahan minyak telah dikerahkan untuk menangani insiden ini. Upaya evakuasi awak kapal berjalan lancar dan tidak ada korban jiwa yang dilaporkan. Sementara itu, upaya pembersihan minyak sedang berlangsung dengan menggunakan kapal-kapal khusus dan bahan-bahan penyerap minyak untuk mengurangi dampak tumpahan.

Situasi Keamanan di Laut Merah

Serangan ini menyoroti situasi keamanan yang semakin memburuk di Laut Merah, terutama di perairan yang dekat dengan Yaman. Konflik yang berkepanjangan antara pemerintah Yaman dan kelompok Houthi telah menyebabkan meningkatnya risiko bagi kapal-kapal yang berlayar di wilayah tersebut. Serangan terhadap kapal kargo Inggris ini menambah daftar panjang insiden serupa yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

Kesimpulan

Tenggelamnya kapal kargo Inggris akibat serangan rudal balistik Houthi merupakan tragedi yang menimbulkan dampak serius, baik dari segi lingkungan maupun keamanan maritim. Tumpahan minyak sejauh 29 kilometer memperparah situasi dan menuntut respons cepat dari pihak berwenang. Insiden ini juga menekankan perlunya solusi diplomatik untuk mengakhiri konflik di Yaman dan meningkatkan keamanan di perairan internasional.

Related

BERITA INTERNATIONAL 1469156915933741385

Posting Komentar

emo-but-icon

Prabowo & Gibran

Prabowo & Gibran

ANGGOTA BARU

item